Kamis, 05 April 2012

Manajemen Sumber Daya Manusia


1.         Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) merupakan salah satu bidang dari manajemen umum yang meliputi segi-segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Manajemen yang sebelumnya dikenal sebagai manajemen personalia, dan perubahan nama ini menggambarkan perluasan peran manajemen personalia dan peningkatan kesadaran bahwa SDM merupakan kunci bagi susksesnya suatu perusahaan.

2.         Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia
Tujuan MSDM ialah meningkatkan kontribusi produktif orang-orang yang ada dalam perusahaan melalui sejumlah cara yang bertanggung jawab secara strategis, etis, dan sosial. Dan yang menjadi tujuan akhir dari MSDM pada dasarnya adalah: peningkatan efisiensi dan efektivitas, peningkatan produktivitas, rendahnya tingkat perpindahan pegawai, rendahnya tingkat absesnsi, tingginya kepuasan kerja karyawan, tingginya kualitas pelayanan, rendahnya complain dari pelanggan, dan meningkatnya bisnis perusahaan.

3.         Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen SDM merupakan bagian dari manajemen umum yang memfokuskan diri pada SDM. Adapun fungsi-fungsi manajemen SDM, seperti halnya fungsi manajemen umum yaitu:1) Fungsi Manajerial yang meliputi

Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, dan pengendalian. 2) Fungsi Operasional yang meliputi: Pengadaan tenaga kerja, Pengembagan, Kompensasi, Pengintegrasian, Pemeliharaan, dan Pemutusan hubungan kerja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar